Nehalem


Nehalem

Nehalem  adalah nama kode untuk mikroarsitektur prosesor Intel, penerus mikroarsitektur Core Prosesor pertama kali dirilis dengan arsitektur Nehalem itu. Desktop Core i7, yang dirilis pada bulan November 2008. Hal ini diikuti oleh beberapa prosesor Xeon dan oleh i3 dan I5.

Awal prosesor Nehalem menggunakan metode yang sama manufaktur 45 nm Penryn. Sebuah sistem bekerja dengan dua prosesor Nehalem ditunjukkan di Intel Developer Forum Fall 2007, dan sejumlah besar sistem Nehalem ditunjukkan di Computex pada bulan Juni 2008.

mikroarsitektur ini dinamai kota pesisir Oregon Nehalem  Awalnya. itu seharusnya evolusi terbaru dari mikroarsitektur NetBurst. Sejak meninggalkan NetBurst, codename telah didaur ulang dan mengacu pada proyek yang sama sekali berbeda, meskipun Nehalem masih memiliki beberapa hal yang sama dengan NetBurst. Nehalem berbasis mikroprosesor menggunakan kecepatan clock yang lebih tinggi dan lebih hemat energi dibandingkan mikroprosesor Penryn. Hyper-Threading adalah memperkenalkan kembali bersama dengan Cache L3 hilang dari mikroprosesor Core berbasis paling.

Komputer pertama yang menggunakan prosesor Nehalem berbasis Xeon adalah Apple Mac Pro workstation diumumkan pada tanggal 3 Maret 2009 Nehalem berbasis Xeon EX prosesor untuk server yang lebih besar itu. Awalnya diharapkan pada Q4 2009, Namun, mereka dibebaskan pada tahun 2010 April .

Teknologi Nehalem

Mikroarsitektur pelaksanaan quad-core  Berbagai sumber telah menyatakan spesifikasi prosesor dalam keluarga Nehalem: Dua, empat, enam, delapan, sepuluh, atau dua belas core
731 juta transistor untuk varian quad core 45 nm proses manufaktur di rilis awal (dengan 32 varian nm berikutnya) Integrated memory controller mendukung memori saluran dua atau tiga SDRAM DDR3 atau empat saluran FB-DIMM2 prosesor grafis Terpadu (IGP) yang terletak off-mati, tapi dalam paket CPU yang sama Sebuah prosesor point-to-point baru interkoneksi, maka Intel QuickPath Interconnect, dalam model-model high-end, menggantikan warisan front side bus  Integrasi PCI Express dan Direct Media Interface ke prosesor pada model mid-range, menggantikan Northbridge Simultan multithreading (SMT) dengan beberapa inti yang memungkinkan dua benang per inti. Intel menyebut hyper-threading. multithreading simultan tidak hadir pada prosesor Intel desktop konsumen sejak tahun 2006 dengan Pentium 4 dan Pentium XE. Intel memperkenalkan kembali SMT dengan mereka Atom Arsitektur.
Asli (monolitik, yaitu seluruh core prosesor pada single die) quad-dan oktal-core prosesor Berikut cache: 32 KB instruksi L1 dan 32 KB L1 cache data per inti 256 KB cache L2 per core 4-12 MB cache L3 (2MB/Core) yang dimiliki oleh semua core 33% lebih dalam penerbangan mikro-operasi dari Conroe
Kedua tingkat cabang prediktor dan terjemahan kedua tingkat lookaside buffer
Modular blok komponen seperti core yang dapat ditambahkan dan dikurangi untuk berbagai segmen pasar Kinerja dan memperbaiki daya. Telah dilaporkan bahwa Nehalem memiliki fokus pada kinerja, yang rekening untuk ukuran inti meningkat Dibandingkan dengan Penryn, Nehalem memiliki: 1.1 × menjadi 1,25 × kinerja single-threaded atau 1,2 × untuk 2 × kinerja multithreaded pada tingkat daya yang sama 30% lebih rendah untuk penggunaan daya kinerja yang sama Menurut preview dari AnandTech “mengharapkan keuntungan 20-30% dari keseluruhan Penryn dengan peningkatan 10% dalam penggunaan daya.” Per core, jam-untuk-jam, Nehalem memberikan peningkatan kinerja 15-20% dibandingkan dengan Penryn. PC Watch menemukan bahwa Nehalem “Gainestown” prosesor memiliki 1,6 × kinerja integer SPECint_rate2006 dan 2,4 × kinerja SPECfp_rate_2006 floating-point dari 3,0 GHz Xeon X5365 prosesor “Clovertown” quad-core. Sebuah 2,93 GHz Nehalem “Bloomfield” sistem telah digunakan untuk menjalankan benchmark 3DMark Vantage dan memberikan skor CPU dari 17.966 . The varians skor 2,66 GHz 16.294. Sebuah 2.4 GHz Core 2 Duo E6600 skor 4.300.

AnandTech menguji Intel QuickPath Interconnect (QPI “, 4,8 GT / versi) dan menemukan bandwidth copy menggunakan triple-channel DDR3 1066 MHz adalah 12,0 GB / s. Sebuah 3.0 GHz Core 2 Quad menggunakan sistem dual-channel DDR3 1066 MHz mencapai 6,9 GB / s.
Overclocking adalah mungkin dengan prosesor Bloomfield dan chipset X58. Prosesor Lynnfield menggunakan PCH menghilangkan kebutuhan untuk chipset Northbridge.  Prosesor Nehalem adalah yang pertama untuk menggabungkan instruksi SSE 4.2 SIMD, menambahkan 7 instruksi baru ke SSE 4.1 set yang tersedia dalam seri Core 2. Arsitektur Nehalem juga secara signifikan mengurangi latensi operasi atom Pemotongan ke 50% dalam upaya untuk menghilangkan overhead atom

http://soesai.blogspot.com/2010/10/pengertian-nehalem-dan-penjelasan.html?zx=e9c7f501351afcd4

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s