Sejarah Virus Komputer


Virus merupakan keluarga dari malware (malicious software) atau software yang berbahaya. Sifat virus pada dasarnya mampu menginfeksi program lain sebagai media penyebaranya agar bertahan hidup dan bereproduksi (seperti virus biologis), tapi tidak semua virus menggunakan file/program lain untuk dapat bertahan hidup.
Era virus sudah dimulai sejak akhir zaman DOS, sampai era vista, bahkan windows 7 sekarang. Perkembangan virus masih sangat pesat, seakan tak ada surutnya,demikian juga dengan teknik penyerangan barunya, informasi tentang membuat virus pun sangat mudah didapat. Jika ada dokumentasi secara tertulis mengenai nama nama virus didunia kurang lebih ada 1 juta nama virus yang tersebar diJaringan Internet yang siap Merusak komputer.

Virus Internasional

Virus Internasional  adalah virus yang dibuat oleh orang asing, yang mampu mencemari lintas negara, termasuk negara kita. Awal mulanya pada tahun 1960 para ahli di lab BELL sebuah lab laboraturium terbesar di dunia yang telah menghasilkan banyak hal dalam dunia komputer mencoba mengimplementasikan teori yang diungkapkan oleh V Neuman. Dia mengungkap “Theory and Organization Of Complicated Automata” Yang membahas kemungkinan Program yang dapat menyebar dengan sendirinya. Mereka bermain main dengan teori tersebut untuk suatu jenis game. Di sela sela waktu istirahat ,para peneliti membuat sebuah permainan dengan suatu program yang dapat memusnahkan program buatan lawan, dan mampu membenahi dirinya lalu balik menyerang kedudukan lawan. Program permainan  ini juga dapat memperbanyak dirinya. Pemenang adalah pemilik program terbanyak dalam sela waktu tertentu. Karena sadar akan banyanya program tersebut bila bocor keluar laboraturium (terutama karena C dan C++ adalah salah satu pemograman bahasa tingkat tinggi ), maka setiap selesai permainan , program tersebut selalu dimusnahkan.

1980,program yang digunakan sebagai permainan “berbahaya” tersebut akhirnya keluar lab dan menyebar di lingkungan laboraturium,dan beredar di dunia cyber.

1981, virus “in the wild” pertama di temukan. virus yang bernama Elk Cloner ini menyebar melalui floppy disk pada komputer apple II

1986, virus brain (dikenal dengan virus pakistan) menyebar luas diindonesia, merupakan virus yang paling mengemparkan karena tingkat penyebarannya yang luar biasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s